Prinsip Kerja Komputer
Pendahuluan
1. PRINSIP PERTAMA
Komputer adalah Merupakan suatu alat elektronik yang dapat menerima
input data dan mengolahnya menjadi suatu informasi, dengan menggunakan
suatu program yang tersimpan di memorinya, serta dapat menyimpan program
dan hasil pengolahannya, dimana bekerja secara otomatis.
* Input Device, adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk
memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse,
joystick dan lain-lain.
* Processor, adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh
aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama,
yaitu;
- Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol
semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device
sampai output device.
- Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang
khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data
logika (perbandingan).
- Read Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja,
tidak dapat diubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat
komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Tapi pada
saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan jenisnya antara
lain ;
a. PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali.
b. RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM.
c. EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali.
d. EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir
dari ROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan
menggunakan teknik elektrik.
- Random Access Memori (RAM) adalah memori yang dapat diakses secara
random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk
sementara waktu (power on). Jika komputer kita matikan, maka seluruh
data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM adalah
mempercepat pemroses data pada komputer.
* Memoryadalah media penyimpan data pada komputer. Memori ini terbagi atas dua macam, yaitu;
* Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk
menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar
monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer,
speaker, plotter, monitor dan yang lainnya.
Jadi prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukan data dari
perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU
sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam
memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat
hasilnya melalui perangkat keluaran.
Sebuah komputer dapat bekerja dengan melibatkan tiga elemen penting.
Dalam penggunaan komputer sehari-hari, ketiga elemen tersebut terdiri
dari:
1. Hardware (perangkat keras), merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat dilihat dan dirasakan.
2 . Software (perangkat lunak), merupakan program-program komputer yang
berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang di
kehendaki. Program tersebut ditulisi dengan bahasa khusus yang
dimengerti oleh komputer.
3. Brainware (user atau sumberdaya manusia), personil-personil yang
terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti sistem analis,
programmer, operator, user, dan lain-lain.
2. PRINSIP KEDUA
PRINSIP KERJA KOMPUTER
1.prinsip kerja komputer pada prinsipnya komputer bekerja berdasarkan
program/perintah yang dijalankan oleh pemakai komputer, kemudian dari
program perintah tersebut oleh komputer akan diproses sehingga akhirnya
menghasilkan suatu informasi sebagai hasil dari proses komputer
PRINSIP KERJA KOMPUTER
2.Prinsip kerja komputer ada 3 tahap bagian pemasukkan (input device)
adalah perintah/progran yang kita jalankan bagian pengeluaran (output
device) adalah hasil proses komputer bagian pemroses (proses device)
adalah yang mengolah data input
PRINSIP KERJA KOMPUTER
3. skema prinsip kerja komputer seperti di bawah ini input pemroses output
PRINSIP KERJA KOMPUTER
4. perangkat input (input device) yang dimaksud dengan input device
adalah semua alat pada komputer yang digunakan untuk memasukkan data ke
bagian pemrosesan komputer misal : keyboard, mouse, joystik, cd-rom,
harddisk, disket, scanner perangkat proses (input device) yang dimaksud
dengan proses device adalah alat pada komputer yang digunakan untuk
memprosessemua data yang diinputkan melalui alat input yang kemudian
hasil pemrosesannya akan ditampilkan ke alat ouput. misal : cpu (central
processing unit) PRINSIP KERJA KOMPUTER
5. prinsip kerja cpu storage PRINSIP KERJA KOMPUTER
6. besaran-besaran yang berhubungan dengan microprocessor komputer
7. ram (random acces memory) RINSIP KERJA KOMPUTER
8. perangkat output KOMPUTER
Ketika teknologi yang digunakan pada komputer digital telah berganti
secara dramatis sejak komputer pertama kali digunakan pada tahun
1940-an, komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann,
yang diusulkan di awal 1940-an oleh John von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menjelaskan bahwa komputer memiliko 4 bagian
utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat
masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini
dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”
Memori
modul memori RAM
Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti “sel”
atau “lubang burung dara”), masing-masing berisi sepotong kecil
informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada
komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang
diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin
berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja
kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner.
Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan
sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan
angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka desimal 70
(atau angka biner ) menggunakan salah satu metode pemecahan. Instruksi
yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video,
dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu
sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali lebih jutaan kali – memori
dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan kapur yang dapat ditulis dan
dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena yang tidak dapat
dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari
komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah
secara hebat – dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan
air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai
matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan
jutaan transistor di atas satu chip silikon.
Pemrosesan
Unit Pemproses Pusat atau CPU ( central processing unit) berperanan
untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan
informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga
akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi
melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Berkas:CPU with pins.jpg
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukan kaki-kakinya
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit
Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer
modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC –
Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing
Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah
alat yang melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika
(tambahan, pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR,
NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak
dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan “kerja” yang
nyata.
Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer,
memerintahkan ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari
memori) yang diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan
memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang sesuai. Sekali yang
terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya (biasanya ditempatkan
di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah perintah lompatan
yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya
ditempatkan di lokasi lain).
Input dan Hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan
menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau
non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab
keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti
webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka
meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang
bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output,
men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai
komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh
sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa
manusiawi. Komputer hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah
sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami
kebanyakan komputer ialah “menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di
sel 456″, “menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel
013″, dan “jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel
345″.
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor – kode untuk “menyalin”
mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang
didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer.
Dalam prakteknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer
secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman
“tingkat tinggi” yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin
secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler).
Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin,
seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti
Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan
sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit
terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya,
memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil
dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer
adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik)
atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu
hal utama – mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja
secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai
sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah
berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah
menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer
mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil
disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai
komputer dimatikan.
Program
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh
komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer
berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang
kali. Suatu [[Personal computer[PC]] modern yang umum (pada tahun 2003)
bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik. Komputer
tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk
melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah
sederhana yang diatur oleh orang pandai, “programmer.” “Programmer Baik
memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya,
menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu
tersedia kepada programmer lain.” Dewasa ini, kebanyakan komputer
kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya
diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan
perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih
ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang
kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini
menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan
dengan memberikan waktu CPU di antara program. Ini mirip bagaimana film
adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah
program yang biasanya menguasai kali ini membagikan
Sistem Operasi
Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna.
Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh
beraneka-macam program komputer, setelah bertahun-tahun, programer
akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat
yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi
juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang
membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa
perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
BAHASA INDONESIA
SOFWARE
JUTAWAN
INFO KERJA ACEH
Download Empire
RC EMPIRE
TENDER PROV.
TENDER DEPAG
TENDER MAKAMAH
TENDER BANDA ACEH
TENDER ACEH UTARA
TENDER LHOKSEUMAWE